Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

GUEST COMPLAINT & GRO


TUGAS FRONT OFFICE  II :

Guest Complaint :



1.     1. Sebutkan ada  beberapa tipe keluhan yang dihadapi tamu dan jika anda Supervisor langkah apa saja yang sebaiknya anda lakukan agar presepsi tamu tentang pelanyanan hotel akan baik ?

Jawab :

Ada 4 jenis keluhan tamu salah satunya adalah:
  •  Mechanical complaint.
Adalah keluhan yang disebabkan oleh masalah perlengkapan maupun peralatan hotel yang tidak berfungsi baik.
  •   Attitudinal complaint
Yaitu keluhan yang disebabkan oleh sikap karyawan yang tidak baik seperti: menyinggung perasaan, tidak diperhatikan, tidak ramah.
  •  Service related problem adalah keluhan yang disebabkan oleh pelayanan yang tidak baik seperti: terlalu lama menunggu, kamar yang belum dibersihkan, wake up call terlambat.
  •  Unusual complaint yaitu keluhan yang bersifat khusus sepert: lingkungan hotel banjir, susahnya mendapatkan taxi pada jam-jam sibuk.

Jika terjadi keluhan tamu, maka beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menangani keluhan itu adalah:

  • Tetap tenang.
  • Hindarkan suara yang keras dan kata-kata yang kasar.
  • Hindarkan memotong pembicaraan tamu.
  • Meminta maaf atas kejadian yang tidak menyenangkan.
  • Jangan menyalahkan rekan sekerja dan manajemen.
  • Jangan menyalahkan keadaan.
  • Jangan menyalahkan tamu.
  • Berikan rencana tindakan yang akan diambil.
  • Berikan kesempatan kepada tamu untuk memilih keputusan dari opsi yang kita sampaikan.
  • Tunjukkan kepada tamu bahwa kita siap menindaklanjuti permintaannya atau meminta kejelasan dari atasan.
  • Kembalilah ke tamu setelah selesai melakukan sesuatu, baik berhasil maupun gagal.
  • Tunjukkan bahwa kita mempunyai sifat membantu ke tamu.
  • Ucapkan terima kasih kepada tamu karena kritik membangun yang telah diberikan kepada kita.
  • Jika perlu meminta maaf sekali lagi untuk hal yang kurang menyenangkan tamu.
  • Jika ternyata pihak tamu yang bersalah, jangan membuat tamu merasa malu dengan kesalahan tersebut.

 Selain itu penanganan keluhan tamu adalah :
  • Meminta maaf atas ketidaknyamanan tamu selama berada di hotel
  • Membuat daftar keluhan tamu, setelah itu di masukkan dalam guest history record
  • Mengulang kembali keluhan tamu bertujuan untuk memperjelas keluhan dan meminimalisir kesalahpahaman antara petugas dan pelanggan
  • Memberitahukan rencana tindakan yang akan diambil kepada pelanggan
  • Memberi kesempatan kepada tamu untuk menentukan pilihan
  •  Tunjukkan kepada tamu bahwa kita siap menindaklanjuti permintaannya / meminta kejelasan dari atasan
  • Menyelesaikan keluhan dengan pintar, cepat dan tepat
  • Ucapkan terimakasih kepada tamu karena kritik membangun yang telah diberikan
  • Meminta maaf sekali lagi dengan menjanjikan kepada tamu bahwa semua keluhan yang telah dialami tidak akan terulang lagi. Dengan cara memperbaiki fasilitas yang rusak yang ada di kamar dan memberikan pelatihan kerja kepada staff guna meningkatkan kinerja dan pelayanan prima

TUGAS FRONT OFFICE  III :

Guest Relation Officer :


11.     Pengertian GRO adalah

Jawab :
Guest Relation Officer adalah salah satu jabatan di Front Office yang fungsinya sebagai perantara atau jembatan antara tamu dengan pihak hotel, oleh sebab itu GRO membutuhkan sesorang yang mampu berkomunikasi dan berhubungan baik dengan semua orang.
Sebuah Guest Relations Officer atau GRO bertanggung jawab atas penanganan front office dalam segala aspeknya baik dalam sebuah hotel, motel, pondok, penginapan atau kantor bisnis lainnya yang membutuhkan posisi mereka. Seorang petugas hubungan tamu adalah frontliner pendirian usaha tersebut.
seorang tamu Hotel petugas hubungan (GRO) berada di garis depan layanan pelanggan. Dia adalah salah satu pekerja hotel pertama untuk menyambut tamu ketika mereka tiba. Para GRO menyediakan tamu hotel dengan di atas dan luar layanan untuk memastikan pengalaman mereka akan perlu diingat. Posisi memastikan bahwa tamu bahagia dari saat mereka masuk ke hotel sampai mereka pergi. Kadang-kadang, ia terus memberikan layanan pelanggan yang unggul setelah tamu sudah lama berlalu. 
2.    Peranan penting dan ruang lingkup GRO adalah
Jawab :
tugas harian GRO yaitu:
  •   Membaca log book.
  •   Memeriksa daftar tamu yang akan datang hari ini (today Expected arrival guest).
  •   Membuat VIP daily list.
  •   Menyiapkan VIP complimentary order.
  •   Mempersiapkan kamar untuk tamu VIP.
  •   Menyesuaikan data yang ada di VIP list dengan data pada information rack dan room rack.
  •   Memeriksa tanggal kelahiran tamu untuk diberikan birthday cake.
  •   Mengisi check list GRO.
  •   Menangani kedatangan tamu VIP (pendaftaran di kamar).
  •   Menyapa kepada semua tamu.
  •   Menangani keluhan tamu.
  •   Memeriksa pemesanan kamar untuk VIP besok.
  •   Beramah tamah dengan tamu.
  •   Menyambut kedatangan tamu rombongan.
Sedangkan tugas yang dilakukan secara periodik yaitu:
  •   Membuat VIP resident guest list (3 hari sekali).
  •   Membuat daftar long staying guest (2 minggu sekali).
  •   Membuat daftar long staying guest pada setiap minggu. terakhir untuk diundang oleh manajemen dalam acara happy hours.
  •   Membuat monthly report (sebulan sekali).
  •   Membuat laporan guest questionary report (sebulan sekali).
Selain melakukan tugas harian ataupun periodik, GRO juga mempunyai tugas-tugas yang dilakukan secara insidensial yaitu tugas yang dilakukan apabila tamu membutuhkan layanan tersebut, tugasnya antaralain:
  •   Memastikan tiket pesawat tamu/reconfirmed airlines ticket.
  •   Pemesanan tiket pesawat.
  •   Melakukan table manner.
  •   Menyambut tamu rombongan.
  •   Mengantar tamu negara yang akan makan di restoran.
Dalam melaksanakan tugas-tugasnya GRO akan berhubungan atau bekerjasama dengan bagian lain, kerjasama ini antar lain dengan bagian:
  •   Hubungan dengan bagian Housekeeping dalam hal mempersiapkan & pengiriman bunga untuk tamu VIP.
  •   Hubungan dengan bagian Room Service dalam hal mempersiapkan & mengirim buah atau kue ulang tahun untuk tamu VIP, long staying ataupun tamu yang berulangtahun.
  •   Hubungan dengan bagian Engineering dalam hal memperbaiki kamar tamu
  •   Hubungan dengan bagian Sekretaris GM dalam hal mempersiapkan welcome letter yang ditandatangani oleh GM.
  •   Hubungan dengan bagian Bar dalam hal mempersiapkan welcome drink.
  •   Hubungan dengan bagian Public relation dalam hal mendokumentasikan kedatangan tamu penting.
3.    Handling VIP guest check in & check out ?
Jawab :
  • HANDLING VIP GUEST CHECK IN :
Tamu VIP adalah orang yang dianggap penting oleh pihak hotel, tamu penting ini antara lain kepala negara, menteri, pimpinan perusahaan dan pemilik hotel. Proses pendaftaran yang dilakukan harus secepat mungkin dan tepat. Umumnya sebelum kedatangannya di hotel, tamu penting sudah melakukan pemesanan kamar, oleh karena itu hotel sudah melakukan pre registration atau semua formulir yang dibutuhkan untuk registrasi sebagian besar datanya sudah diisi. Khusus untuk tamu penting pendaftaran tamu bisa dilakukan oleh ajudan atau sekretarisnya. Proses registrasi umumnya dilakukan di kamar atau di lantai eksekutif, proses registrasi dilakukan oleh GRO atau FOM.

  • ·         Persiapan yang dilakukan sebelum kedatangan tamu VIP yaitu:
a. Menentukan dan menyiapkan kesiapan kamarnya sehari sebelum kedatangannya.
b.  Memastikan nama tamu, waktu kedatangan dan transportasi yang digunakan serta pelayanan khusus untuk keamanannya.
c.  Menyiapkan dan memastikan kartu tamu (guest card) dan kunci kamar sudah benar dan diletakkan di kamar.
d. Menyiapkan dan memastikan kartu ucapan selamat datang (welcome card) berada di kamar.
e. Menyiapkan dan memastikan keranjang buah, rangkaian bunga berada di kamar sesuai dengan kategori tamu VIP.






  • ·         Langkah-langkah yang dilakukan pada saat penanganan pendaftaran tamu VIP adalah sebagai berikut:
a. Menyambut tamu dengan ramah dan sopan.   
b. Mengantar tamu VIP ke tempat yang telah ditentukan, pengantaran oleh FOM, GM dan GRO.
c. Memproses pendaftaran di kamar atau ditempat khusus oleh GRO dan FOM. Pendaftaran bisa diwakilkan oleh ajudan atau sekretarisnya.
d. Menawarkan bantuan lain dan menginformasikan pelayanan pribadi yang hotel akan berikan.
e. Mengucapkan selamat beristirahat.
f. Menginformasikan kepada bagian lain jika tamu VIP telah check in.

  •  HANDLING VIP GUEST CHECK OUT :


  Sehari sebelum keberangkatan tamu VIP Guest Relation Officer akan melakukan courtesy call, courtesy call dilakukan agar tamu VIP merasa diperhatikan. Hal yang dilakukan pada saat melakukan courtesy call adalah memastikan hari jam keberangkatannya agar pelayanan dapat dilakukan dengan tepat waktu, selain itu GRO akan menawarkan bantuan lain seperti bantuan transportasi.
      Pada saat keberangkatan tamu GRO memeriksa tagihan tamu, kemudian tagihan ini akan diberikan kepada tamu VIP atau asistennya, setelah tagihan tamu diselesaikan GRO dan FOM akan memberikan salam perpisahan, mengucapkan terima kasih serta mengharapkan perjalanannya akan menyenangkan.


                                                                           
                                               

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar